Duel (1971/US)


Duel Steven SpielbergZerosumo.net – Bicara soal Steven Spielberg, anda pasti tahu betul bapak tua yang satu ini sudah menjadi anak emas perfilman Hollywood sedari dulu, dan masih aktif menjadi seorang filmmaker sampai sekarang. Sutradara yang lahir di akhir tahun 1946 ini memang dikenal dengan ‘bapaknya’ film-film blockbuster Hollywood, ditandai dengan kehadiran Jaws, Indiana Jones sampai Saving Private Ryan yang super epik itu. Tapi tahukah anda, sebelum film-film mega blockbuster miliknya, Spielberg juga mengawali karirnya dengan film-film low budget yang terbilang bagus seperti salah satu film televisinya yang baru saja saya tonton, berjudul Duel.

Film yang rilis tahun 1971 ini merupakan salah satu karya klasik Spielberg dalam membuat sebuah film thriller dengan konsep minimalis tapi tetap menjadi sajian asyik yang bisa membuat anda gregetan. Diangkat dari naskah yang ditulis Richard Matheson yang dikenal dengan karyanya dalam Twilight Zone sampai kisah sci-fi modernnya seperti Real Steel, Duel tanpa disangka, dibawah arahan Spielberg dapat menjadi sebuah tontonan thriller yang cukup berkualitas.

Cerita film Duel sangat sederhana, dimana ada seorang pria bernama David (Dennis Weaver) yang memutuskan pergi ke luar kota untuk masalah pekerjaan menggunakan mobil sedan merahnya. Perjalanan David berjalan santai dan lancar awalnya sampai ia bertemu dengan sebuah truk tangki yang berjalan sangat lambat di depannya. Logika semua manusia di muka bumi ini pasti akan seperti David, yaitu mendahului truk tangki tersebut karena jalan pun kebetulan memang kosong.

Duel Steven SpielbergTapi entah kenapa, paska didahului David, si truk tangki ngotot mendahului David kembali lewat truknya yang sebesar jari kaki Godzilla itu. Dan di beberapa kesempatan pun si truk tangki itu ‘hampir’ mencelakakan David. Merasa janggal dengan kejadian yang dialami David di jalanan kosong antar kota itu, ia menyadari bahwa sebenarnya si truk tangki ini bukan mau ‘bermain-main’ dengan dirinya, tapi ada maksud untuk mencelakakan dirinya dengan sengaja. Maka, kucing-kucingan antara David dan truk tangki pun dimulai, siapakah yang menang?

Duel Steven SpielbergAda beberapa film yang pernah menggunakan konsep seperti ini, seorang psikopat gila yang tak sengaja ditemui di jalanan dan berbalik menjadikan si karakter protagonis sebagai korban selanjutnya. Bedanya, formula psikopat gila itu hanya digambarkan dengan sebuah truk tangki di film berdurasi 90 menit ini, anda tidak akan pernah melihat wajah si sopir sampai titik darah penghabisan David melawan si pengemudi truk tangki sableng tersebut.

Duel Steven SpielbergTapi disitulah hebatnya Duel, Spielberg yang konon hanya mensyut film ini selama 12 hari saja berhasil mempertahankan pace tegang yang dibangun dengan sangat rapih dari awal sampai akhir film. Bagaimana saya sebagai penonton bisa terpaku melihat seorang karakter random yang tidak ada keren-kerennya tapi harus berhadapan dengan seorang psikopat dibalik truk tangki kucel yang telah banyak memakan korban.

Duel Steven SpielbergBahkan dari segi teknis pun, saya tidak percaya kalau Duel ini merupakan film televisi pada masanya, bukan film lepas yang diputar di layar lebar. Banyak sekali shoot-shoot spektakuler yang mendukung aksi kucing-kucingan David dan truk tangki gila itu, membuat saya tidak bosan menonton kegilaan si truk tangki dalam meneror David, padahal settingnya hanya disitu-situ saja, jalanan raya kosong melompong yang tak bertuan dan kadang ‘dihiasi’ warga setempat yang hampir jadi korban juga.

Ya, Duel adalah salah satu ‘benchmark’ bagi film-film thriller low budget yang bisa anda ambil ilmunya, walau sebenarnya ada satu flaw besar di film ini, jika memang David sudah sadar bahwa dirinya sedang diteror oleh si truk tangki, kenapa dia tidak pulang saja? Mengingat di tengah jalan pun David sudah sadar bahwa dirinya akan telat tiba di tujuan karena selalu di delay oleh si truk tangki itu. Kalau anda bisa menjawab pertanyaan tersebut, saya acungkan empat jempol untuk anda! Ha-ha.

Overall, diluar satu flaw besarnya tersebut, Duel tetap merupakan sajian thriller menarik yang bisa membuat anda penasaran terus sepanjang film ini berjalan, seperti melihat ‘duel’ modern diatas aspal versi David dan ‘Goliath’ berwujudkan truk tangki, Duel bisa jadi merupakan salah satu karya low budget terbaik Spielberg sebelum ia menjadi orang dibalik tren blockbuster yang menggila setiap tahunnya itu. Well, just sit, relax and enjoy the real death race!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s