A Dirty Carnival (2006/South Korea)


carnivalBisa dikatakan bahwa inilah salah satu film gangster terbaik di Korea Selatan. Tidak pamer gerakan beladiri atau mengagungkan kekerasan berlebihan, film ini punya substansi dan drama yang bagus. Byung-Du (Zoo in Sung) hanyalah seorang preman gangpae (gangster) Seoul kelas bawah.

Sebagai preman dengan tekanan hidup banyak, kekerasan hanyalah satu-satunya jalan untuk mencari uang. Seperti ungkapan seorang debt collector yang pernah saya kenal: ga kejam ga makan. Lambat laun Byung-Du merangkak naik dari sekadar sendal bos menjadi bos kecil. Itu semua harus dia bayar dengan membunuh dan menyakiti orang lain tanpa ampun. Ironisnya ketika Byung-Du masih preman, rumah ibunya diusir dengan alasan pembangunan, kini setelah naik pangkat, ia malah mengusir orang lain dari perumahan kumuh dengan alasan pembangunan.

Di lain pihak, teman SMP Byung-Du adalah seorang filmmaker yang sedang buntu ide soal film gangster. Teman Byung-Du minta tolong dan masukan. Di sini kisah menjadi menarik, sebab terlihat beda-nya gangster “film” dan “nyata”. Gangster “nyata” cenderung apa adanya dan gangster “film” berlebihan.

Dalam film, perkelahian di koreografi berlebihan, sedangkan di dunia “nyata” perkelahian tidak pakai jurus cimande atau apalah, yang penting gebuk, tusuk, injak, pokoknya brutal. Bisa dikatakan perkelahian dalam film ini membuat ngilu sebab khas film Korea, mereka tidak malu-malu soal kekerasan. Substansi dalam film ini selain menyorot keadaan sosial masyarakat Korea dan esensi dari menjadi gangster. Pesannya sih sederhana: Hidup itu keras, bagi sebagian orang kejam hanyalah satu-satunya cara ekspresi. Karma itu ada, what goes around comes around. Karma is a bitch only if you are.

Speaking of which, adegan perkelahian di lumpur ini akan mengingatkan Anda akan sebuah film yang menampilkan salju turun di gerobak Lomie Ayam.

One thought on “A Dirty Carnival (2006/South Korea)

  1. Pingback: New World (2013/South Korea) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s