Captain Phillips (2013/US)


One of them is not wearing a footwear, guess who?

One of them is not wearing a footwear, guess who?

Bulan-bulan krusial yang dijejali film-film keren mulai tiba. Di bulan-bulan seperti ini biasanya film-film yang menjadi ‘oscar bait’ tahun depan mulai bermunculan. Mungkin salah satunya adalah film Captain Phillips yang baru saya tonton midnight kemarin. Padahal film ini datang dari sutradara yang terbiasa dengan film-film action-spy-fast-paced-shaky-camera style-nya, alias Paul Greengrass, tapi ternyata cukup berpotensi untuk meramaikan perhelatan Academy Award tahun depan, who knows, right?

Captain Phillips merupakan film yang berdasarkan kisah nyata yang pernah terjadi di tahun 2009, diangkat dari buku yang ditulis oleh Richard Phillips itu sendiri—A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALS, and Dangerous Days at Sea—Captain Phillips (Tom Hanks) menceritakan tentang pengalamannya ketika kapal kargo yang dipimpinnya dibajak oleh perompak Somalia yang kejam. Ya, Captain Phillips dan 20 awak kapal kargo yang mengantarkan muatan beratus-ratus ton harus pasrah ketika ada perompak Somalia yang dipimpin oleh Muse (Barkhad Abdi) ‘mampir’ di geladak kapalnya.

Alih-alih ingin membajak kapal kargo Captain Phillips, Muse dan rekan-rekan perompaknya yang tergolong masih ‘newbie’ ternyata tidak bisa menemukan sesuatu yang berharga di kapal kargo Captain Phillips, maka ia pun menyandera Captain Phillips di perahu sekoci, dengan niatan untuk ditukar dengan sejumlah uang. Tapi penyanderaan tersebut tidak berjalan dengan mulus, apalagi ketika pasukan Navy Seal mulai menguntit penyanderaan Muse atas Captain Phillips yang terombang-ambing di lautan selama kurang lebih seminggu, menegangkan sekaligus melelahkan!

Masih dengan trademark sang sineas yang doyan dengan teknik shaky camera-nya yang jujur saya pribadi tidak keberatan, karena teknik shaky camera-nya justru yang membuat unsur-unsur ketegangan di setiap film yang ia buat bertambah, walau memang ada yang tidak sependapat, but it’s okay for me, I always like your style, Paul, he-he. Durasi film ini pun tidak sembarangan, berjalan selama dua jam lebih, Paul Greengrass menceritakan dengan sangat detail kisah Captain Phillips dari awal sampai akhir, dari sisi drama keluarga, ketegasan kepada awak kapal sampai prosesi pembajakan hingga penyanderaan dan ditutup dengan ending yang bisa membuat anda menggigit jari karena sudah tidak sabar ingin melihat bagaimana akhirnya Captain Phillips bisa selamat dari situasi terburuk yang pernah ia alami ketika berada di laut.

Ya, sineas yang meroket namanya setelah membidani dua seri terakhir film Jason Bourne ini nampak terus meningkatkan kualitas directingnya. Tidak terlalu terburu-buru tapi tetap membuat penonton bersabar menanti cerita film ini berakhir, apalagi ketegangannya terus dijaga, walau mungkin ada sedikit pace yang membuat naik turun mood di tengah-tengah, tapi saya tetap terjaga dan makin penasaran dengan nasib Captain Phillips yang malang ini. Selain itu, bukan Paul Greengrass namanya kalau tidak mengeksploitasi kedigdayaan militer Amerika dengan keren dan tidak berlebihan. Paul berhasil menyuguhkan situasi perang dan negoisasi yang ditangani oleh tim Navy Seal dengan sangat keren. Seperti film-filmnya terdahulu, apalagi ketika mendekati ending film, dimana Captain Phillips dan penonton sudah capek dan ingin mengakhiri semua penderitaan ini, lihat saja taktik ‘magis’ para Navy Seal yang sekali lagi saya katakan luar biasa keren!

Dari departemen akting sendiri, Tom Hanks yang bisa disebut sebagai satu-satunya aktor besar di film ini harus diacungi jempol. Perangainya yang tegas dan berwibawa menjadi salah satu ‘jualan’ aktor berusia 57 tahun ini untuk memerankan Captain Phillips, tapi justru penampilan terbaiknya ada di paruh-paruh akhir film, dimana saya sebagai penonton seperti terbawa masuk ke dalam karakter Captain Phillips dan merasakan kengerian yang dialaminya. Dan jangan lupakan Barkhad Abdi yang menjadi kapten perompak, penampilannya sangat baik dan mengimbangi karakter bijak dan tenang dari Captain Phillips, di satu sisi Barkhad Abdi berhasil memperlihatkan sisi keragu-raguannya dalam membajak kapal tapi di sisi lain terlihat sekali keputusasaanya yang sudah tidak tertolong lagi, dan terkadang menimbulkan sedikit rasa simpati dari penonton, seperti menegaskan tidak semua perompak itu ‘gila’ dan ‘suicidal’.

So, dengan semua kerumitan dan pembajakan serta penyanderaan yang melelahkan tersebut, Captain Phillips tetap memberikan pengalaman sinematik yang menegangkan dan mungkin mendekati ketegangan yang benar-benar terjadi waktu itu. Satu lagi karya Paul Greengrass yang dapat saya katakan merupakan karyanya yang mendapat banyak perbaikan di sana sini. Scoring musik yang cukup (walau agak mirip scoring musik Inception di akhir-akhir, he-he), shaky camera-nya yang tidak berlebihan, dan porsi aksinya yang elegan. Siapkan tenaga jika ingin menonton film ini, tapi saya jamin anda tidak akan kecewa. Enjoy!

Rating: 4/5

7 comments

  1. […] kebetulan atau tidak, setelah kemarin saya menonton film yang berdasarkan kisah nyata, Captain Phillips, tanpa sengaja saya menonton satu film lagi yang berdasarkan kisah nyata. Bedanya, kisah nyata yang […]

    Like this

  2. Will Tom Hanks get double shots for Oscars next year ??? Walaupun dua2nya kayaknya bukan frontrunners, still waiting Saving Mr. Banks

    Like this

    1. Yep, kita liat saja nanti, tapi penampilan doski disini cukup okelah walau tidak “wah”… hehe

      Like this

  3. Empri Supriatna · · Reply

    Wah.. Ga sbar pengen nonton!

    Like this

    1. Silakan tonton, mumpung baru rilis minggu ini di bioskop ;)

      Like this

  4. Haha,iya bro,gw jg ngerasa scoringnya mrip Inception di akhir, sampe gw bergumam ‘Lah,ini Hans Zimmer ya ngedirect scoringnya?’ senangnya ada yg sependapat,hha

    Like this

    1. Haha, banyak kok yg mikir kayak gitu, mungkin doski emang terinspirasi :))

      Like this

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 625 other followers

%d bloggers like this: