Lovely Man (2011/Indonesia)


Not only a lovely man, but with a lovely girl too

Lovely Man, ini bukan film Hollywood, tapi film Indonesia yang baru saja mendapatkan penghargaan untuk aktor terbaik yang diperankan Donny Damara di Asian Film Award, mengalahkan aktor sekaliber Andy Lau, tentu saja itu termasuk pencapaian luar biasa, yang sayang sekali beritanya lumayan “hening” di negaranya sendiri. Ya, walaupun begitu saya beruntung sempat menonton film garapan Teddy Soeriaatmadja yang sudah menggarap lima film sebelumnya, yang sama sekali belum saya tonton semuanya kecuali Lovely Man ini, he-he.

Tapi diluar itu semua, Lovely Man, film yang termasuk kategori film “pendek” di mata saya ini lumayan menyita perhatian karena memasang aktor yang termasuk lawas, Donny Damara untuk berperan menjadi seorang banci. Alkisah Cahaya (Raihaanun), seorang gadis muda yang baru tiba di Jakarta, tujuannya adalah mencari sang ayah yang telah meninggalkan dirinya ketika masih berumur empat tahun. Tanpa diduga sang ayah yang bernama Saiful (Donny Damara) ternyata berprofesi menjadi seorang banci yang biasa dipanggil Ipuy. Maka, konflik demi konflik pun terjadi di film yang sebagian besarnya bersetting di malam hari Jakarta yang kelam dan dingin ini.

Tidak ada yang spesial dari cerita yang ditawarkan oleh Teddy Soeriaatmadja, tapi mungkin disini saya lebih bicara “feel” dari film yang benar-benar terlihat “indie” sekali dari penggarapannya. Ya, kasus yang menimpa Cahaya dan Ipuy mungkin tidak begitu baru, tapi cerita setelah pertemuan Cahaya dan Ipuy lah yang membuat film ini menjawab semua keraguan para penonton termasuk saya ketika menonton film yang banyak sekali memakai teknik “bokeh” alias blur ala kamera DSLR ini.

Ya, pertemuan ayah dan anak selama semalam ini disajikan dengan sangat hangat oleh Teddy Soeriaatmadja, dimana ceritanya sendiri tidak terlepas dari unsur humor ringan yang biasa kita lihat di film-film Indonesia yang memakai banci sebagai salah satu karakternya. Apa yang terjadi dengan Ipuy dan Cahaya dipaparkan perlahan demi perlahan dan tidak menyita waktu lama, sehingga jawaban yang dicari-cari penonton pun terjawab tepat ketika dibutuhkan. Bahkan ada beberapa scene yang mengandung “twist” kecil bagi saya pribadi, yang membuat pertanyaan saya terjawab sambil mengatakan “ooo…” dengan sangat panjang. Ya, penyampaian ceritanya mengalir enak, membuat film ini enak ditonton, hanya saja dengan durasi yang terbilang pendek, film ini ditutup dengan ending yang predictable dan anti klimaks.

Bagaimanapun juga, penampilan Donny Damara patut diacungi jempol, karakter banci yang diperankannya menyatu sedemikian rupa sampai Ipuy sudah berganti pakaian menjadi seorang pria normal pun, ia masih memperlihatkan gelagat bancinya. Ya, dibalik badan kekar dan perut buncitnya, Donny Damara masih bisa memerankan karakter yang dengan sangat mudah bisa dicintai oleh Cahaya maupun para penonton yang menyaksikan dirinya berlari-lari dengan high heels, no wonder, juri di Asian Film Award bisa jatuh cinta pada karakter Ipuy ini.

Tidak sesuai ekspektasi saya mungkin, tapi Lovely Man merupakan film yang “to the point”, dan Teddy Soeriaatmadja berhasil merealisasikan hal tersebut hanya dalam waktu semalam suntuk. Well, bagi yang penasaran, saya sarankan tonton saja film sederhana ini walau saya tidak jamin ketika anda membaca tulisan ini, Lovely Man masih diputar di bioskop-bioskop langganan anda, he-he. Enjoy the night with Ipuy and Cahaya.

Rating: 2.75/5

2 comments

  1. papricafe · · Reply

    thanks for your comment on our blog http://papricafe.wordpress.com/2012/05/13/lovely-man-2/#more-92

    Like this

  2. Reblogged this on MyJKT.

    Like this

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,297 other followers

%d bloggers like this: